Selasa, 16 November 2010

Sejarah Balapan Gokart

File:Largada Stock125 Foto Claudio Reis.jpg



Gokar
t adalah varian dari kendaraan roda empat atap terbuka sederhana dan kecil untuk olahraga motor. Gokar biasanya berpacu di sirkuit skala kecil. Balapan gokar biasanya dianggap sebagai batu loncatan untuk olahraga motor yang lebih tinggi dan lebih mahal.

Kecepatan gokar sangat bervariasi dan beberapa (disebut Superkart) dapat mencapai kecepatan melebihi 260 km/jam.
Sementara gokar yang dimaksudkan untuk masyarakat umum Indonesia di taman hiburan atau tempat sejenis mungkin terbatas pada kecepatan yang tidak lebih dari 40 km/jam. Sebuah Kf1 kart, dengan mesin 125 cc 2-langkah dan berat keseluruhan termasuk pengemudi yang terdiri dari 150 kilogram memiliki kecepatan tertinggi 137 km/jam. Dibutuhkan waktu 3 detik lebih sedikit untuk kecepatan 0-96 km/jam dengan 125 cc shifter kart (6 gigi), dengan kecepatan tertinggi 185 km/jam pada rangkaian panjang.

Sejarah


Speedcar 1960 , pendahulu untuk karting di Swedia


Art Ingels secara umum diterima menjadi ayah dari gokar. Seorang pembangun kendaraan khusus dan kendaraan balap bernama Kurtis Kraft, ia membangun kart pertama di California Selatan pada tahun 1956. Gokar telah cepat menyebar ke negara-negara lain, dan saat ini memiliki berikut besar di Eropa.

Produsen kart pertama adalah perusahaan Amerika, Go Kart Manufacturing Co (1958). McCulloch adalah perusahaan pertama, pada 1959, untuk memproduksi mesin untuk karts. Pertama mesin, McCulloch MC-6, adalah diadaptasi gergaji mesin 2-stroke.Kemudian, pada 1960-an, mesin sepeda motor juga disesuaikan dengan kart digunakan, sebelum dipersembahkan produsen, terutama di Italia (IAME) (AKA Komet ), mulai membangun mesin untuk olahraga.

http://img690.imageshack.us/img690/9501/izu4sxp6.jpg



Kategori Balapan

Ada beberapa kategori atau kelas balap dalam kejuaraan Gokart

1.KZ1 kart di kejuaraan eropa 2008 CIK-FIA




2.Superkart


Kejuaraan

kejuaraan internasional Cik-FIA di Kf1, Kf2, Kf3, KZ1, KZ2 dan Superkart. Balapan Ini dianggap sebagai tingkat teratas kelas karting dan juga berlari dalam kejuaraan nasional di seluruh dunia. Juara Dunia (Kf1) diputuskan di sini. Juara Dunia 2008 adalah Marco Ardigò dari Italia.
kategori CIK-FIA :

1. Kf1 (tingkat atas), Kf2, Kf3, dan KF4 (yang disebut "dasar" kategori). Semua menggunakan air yang sama-cooled no-gearbox 125 cc "hidup panjang" dua-stroke mesin dengan starter dan kopling, masing-masing dengan spesifikasi teknis yang berbeda (Mufflers, kotak udara, karburator, rev limit dll ..).
2. KZ1 dan KZ2, baik gearbox kategori 125 cc.
3. Superkart, sebuah kategori gearbox 250 cc.

Lain

Di Inggris, yang paling terkenal adalah seri karting Nasional seri karting, juga dikenal sebagai Super 1. Ada tiga jenis Super 1 kejuaraan:

1. MSA series: Formula A, ICA, SMP ICA, Formula 100 dan Formula Cadet
2. Rotax seri: Minimax, SMP Max, Senior Max, Senior Rotax Max 177 dan DD2
3. TKM seri: Formula Junior TKM, Formula Junior Intermediate, TKM Formula Extreme, TKM Junior dan Senior 4-langkah dan sejak tahun 2006, Honda Cadet

NatSKA adalah asosiasi karting anggaran disiapkan untuk sekolah-sekolah dan kelompok-kelompok pemuda di Inggris, dengan 13 kelas.

Di Amerika Serikat, proporsi terbesar pembalap berada di tanah kelas oval yang sering menggunakan Briggs & Stratton mesin industri. Gaya balap ini sangat menonjol dalam Tenggara dan Midwest. Di Barat, lari balap gaya Eropa jauh lebih umum.

Di Australia, termasuk kelas-kelas Midget, Rookie, Junior dan Senior.

Banyak orang ras di seluruh dunia dalam seri Spec seperti Rotax Max (a Touch-dan-Go kelas) atau mereka yang menggunakan mesin Yamaha KT100.

Sedangkan di Indonesia gokart Tanah Air pun semakin berkibar dengan digelarnya penghargaan bagi pebalap terbaik di Kejurnas Gokart pada tahun 2009.Pebalap terbaik berhak mendapat gelar Best Karter of the Year sementara itu Sirkuit Gokart Sentul setelah memperoleh CIK Homologation Grade B secara resmi berganti nama menjadi Sentul International Karting Circuit.


sumber:
  • http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4414215
  • http://wapedia.mobi/id/Gokart